Orangtua dan Anak, Ini Tips Menjadi Warganet yang Baik

Senin, 7 Maret 2022

KOMPAS.com – Perkembangan teknologi dari waktu ke waktu kian pesat. Apalagi dengan adanya media sosial bisa menjadi ruang untuk berinteraksi satu sama lain. Menjadi warga internet atau warganet tentu harus bisa cerdas dan bijak dalam menyaring informasi. Hal ini penting dipahami oleh para orangtua agar dapat mendidik anaknya dengan baik. Karena itu, orangtua dan anak harus paham tips sebagai pengguna internet atau warganet yang cerdas, tangguh, cermat, bijak dan berani.

Melansir laman Direktorat SD Kemendikbud Ristek, ini tips menjadi warganet yang baik: Cerdas Menjadi warganet yang cerdas, maka:

1. Jadilah pengguna internet yang positif seperti di kehidupan nyata. Karena, sekali saja kamu memposting sesuatu di internet seperti foto, komentar, atau pesan, jejak digitalmu akan ada di internet selamanya.

2. Pikirkan sebelum memposting. Penting untuk tahu kapan waktunya berhenti memposting. Misalnya, untuk tidak memberi reaksi terhadap postingan, foto, atau komentar seseorang, atau tidak membagikan hal yang tidak benar.

3. Lindungi rahasiamu dimana jangan membagikan alamat, email, nomor telepon, sandi, nama pengguna (username), atau dokumen sekolahmu kepada orang asing.

4. Jangan berasumsi bahwa pengguna lain di internet memiliki pemikiran yang sama dengan kita. Ketika orang lain melihat informasi yang sama dengan kita, mereka bisa saja memiliki pengertian yang berbeda. Baca juga: Serangan Umum 1 Maret 1949, Siswa Sudah Paham Sejarahnya?

5. Penting untuk selalu menghormati pilihan privasi orang lain, meskipun mungkin kita tidak setuju dengan pilihan tersebut. Situasi yang berbeda memerlukan respons yang berbeda secara online dan offline.

Oleh: Admin Sekolah
Tags:
  • Berita Terikini

  • PENERIMAAN MURID BARU
    TAHUN AJARAN 2022-2023

    PKP JAKARTA ISLAMIC SCHOOL

    DAFTAR SEKARANG